Tips Memandikan Bayi Baru Lahir



Cara memandikan bayi adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang tua. Namun, tidak sedikit pasangan, terutama orang tua baru, yang masih merasa gugup ketika memandikan buah hatinya. Oleh karena itu, mari simak bagaimana cara memandikan bayi yang tepat.

 

Memandikan bayi memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Berbagai hal perlu diperhatikan dan Anda pun dituntut untuk lebih hati-hati. Misalnya, hindari memandikan bayi setelah ia selesai menyusu atau makan agar bayi tidak muntah.

Selain itu, masih ada banyak hal yang perlu diketahui seputar cara memandikan bayi yang tepat agar Anda bisa melakukannya dengan baik dan lancar.

 

Berbagai Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum memulai proses memandikan bayi, persiapkan semua perlengkapan mandi bayi terlebih dulu. Letakkan semua perlengkapan mandi pada tempat yang mudah dijangkau, misalnya di sekitar bak mandi bayi

 

Berikut ini adalah peralatan esensial yang diperlukan untuk memandikan bayi:

 

  • Permukaan yang datar dan aman, seperti tempat tidur atau meja tempat ganti pakaian bayi
  • Handuk dan alas ganti
  • Air untuk memandikan bayi dan pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas atau dingin
  • Gayung untuk mengalirkan air
  • Kain berbahan lembut untuk menyeka tubuh bayi
  • Pakaian dan popok pengganti
  • Penggunaan sabun memang tidak disarankan saat memandikan bayi. Namun, bila diperlukan, Anda bisa menggunakan produk pembersih kulit bayi dengan label soap-free untuk mencegah iritasi dan kulit kering pada bayi.

 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia ringan sebagai pengganti sabun biasa. Hindari pula penggunaan sabun bayi dengan kandungan pewangi dan antibakteri karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

 

Jadi sebisa mungkin gunakan sabun natural, seperti PUPUCI Baby Wash yang mengandung bahan pembersih alami yang ramah di kulit dengan Ph yang sesuai dengan kulit.